Unduh Silabus OSN Jenjang SMP Tahun 2022

Download Silabus OSN Jenjang SMP Tahun 2022. Dalam Olimpiade Sains Nasional - Matematika, IPA, dan IPS. Berikut silabus, KD, Materi dan lingkup materi

JASINVITE.COM | UNDUH SILABUS OSN SMP TAHUN 2022 – Hai, Kawan Jasinvite, Pada kesempatan kali ini Minda ingin berbagi informasi tentang Silabus Olimpiade Sains Nasional (OSN) janjang SMP untuk Mata Pelajaran Matematika, Ilmu Pengetahuna Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Tahun 2022. Silabus OSN Jenjang SMP ini merupakan silabus yang dikeluarkan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemdikbudristek melalui laman situsnya.

Olimpiade Sains Nasional tingkat Sekolah Menengah Pertama (OSN-SMP) merupakan salah satu tempat / wadah yang strategis untuk menyiapkan sumber daya manusia dengan kemampuan yang handal dibidang sains dan memiliki karakter kuat, kokoh, dan tahan uji. Efektifitas program tersebut ditentukan melalui proses persiapan pra kompetisi melalui tahap penyisihan dan tingkat nasional. Silabus OSN-SMP tahun 2022 bertujuan untuk memberikan informasi cakupan dan urutan materi sesuai dengan kurikulum sekolah dasar. Silabus ini dapat dijadikan pedoman pihak terkait dalam rangka persiapan untuk mengikuti ajang tersebut.

Silabus OSN disusun berdasarkan Kurikulum 2013 dan silabus olimpiade sains internasional. Silabus OSN terdiri dari: kompetensi, materi, dan lingkup materi. Kompetensi adalah deskripsi dari kemampuan yang diujikan. Materi adalah topik yang diujikan. Lingkup materi adalah deskripsi batasan materi yang diujikan. Soal OSN disusun berdasarkan ruang lingkup materi yang telah ditetapkan dalam silabus. Kompetensi yang diharapkan dari peserta OSN adalah keterampilan- keterampilan berpikir tingkat tinggi (High Order Thinking Skills atau HOTS).

Jasinvite.com -  Unduh Silabus OSN Jenjang SMP Tahun 2022
Jasinvite.com -  Unduh Silabus OSN Jenjang SMP Tahun 2022

Lingkup materi yang tercantum dalam silabus ini merupakan bahan acuan untuk menyusun kisi-kisi soal OSN dan naskah soal OSN yang dapat diinterpretasikan pada tingkat kesulitan soal yang berbeda. Tingkat kesulitan tersebut dibuat berjenjang, dengan soal babak final lebih sulit dari soal babak penyisihan. Adapun silabus OSN SMP tahun 2022 adalah sebagai berikut.

UNDUH SILABUS OSN SMP TAHUN 2022

SILABUS OSN SMP MATEMATIKA TAHUN 2022

Dalam silabus OSN Matematika Jenjang SMP, terdapat 5 kompetensi :

  1. Menerapkan sifat dan operasi bilangan bulat, rasional, akar, serta bilangan berpangkat dalam menyelesaikan masalah. Pada materi  Bilangan.

  2. Menerapkan konsep himpunan, relasi, fungsi, perbandingan, persamaan, pertidaksamaan, barisan, deret, dan operasi aljabar dalam menyelesaikan masalah. Pada materi Aljabar

  3. Menerapkan konsep garis, sudut, teorema phytagoras, sistem koordinat kartesius, dan transformasi pada bidang dan ruang dalam menyelesaikan masalah. Pada materi Geometri

  4. Menganalisis ukuran pemusatan data beserta penyajiannya dan menerapkan aturan pencacahan serta konsep peluang untuk menyelesaikan masalah. Pada materi Analisis Data dan Peluang

  5. 5 Menyelesaikan masalah dengan melibatkan lebih dari satu konsep matematika. Pada materi Kapita Selekta (untuk babak Final).

SILABUS OSN SMP ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) TAHUN 2022

Dalam silabus OSN IPA Jenjang SMP, terdapat 19 kompetensi :

  1. Menerapkan besaran, satuan dan konsep serta prinsip pengukuran, untuk menganalisis data dan gejala fisis yang sedang dipelajari. Pada Materi Besaran, Satuan dan Pengukuran.

  2. Menganalisis sifat termal dan kimiawi bahan serta pengaruh kalor terhadap bahan. Pada materi Zat dan Kalor

  3. Menerapkan konsep dan prinsip transformasi dan konservasi energi. Pada materi Energi.

  4. Menganalisis gerak benda dan pengaruh gaya terhadap gerak benda berdasarkan hukum-hukum gerak. Pada materi gerak dan gaya.

  5. Menerapkan konsep dan prinsip mekanika pada zat cair dan menganalisis proses yang terjadi pada sistem biologi. Pada materi Fluida.

  6. Menganalisis konsep dan prinsip getaran, gelombang mekanik dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari. Pada materi Getaran, Gelombang dan Bunyi.

  7. Menganalisis prinsip dan konsep cahaya dan optik pada alat-alat optik. Pada materi cahaya dan optik.

  8. Menerapkan konsep serta prinsip kelistrikan dan kemagnetan serta menganalisis karakteristik rangkaian arus. Pada Materi Kelistrikan dan kemagnetan.

  9. Menganalisis sistem tata surya dengan menerapkan hukum-hukum gerak dan menganalisis struktur bumi dan fenomena fisis yang terjadi padanya. Pada materi Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa (IPBA).

  10. Menganalisis data ciri makhluk hidup, asal usul makhluk hidup dan faktor-faktor biotik dan abiotik yang mempengaruhinya. Pda materi Makhluk hidup dan lingkungannya.

  11. Menerapkan konsep dan prinsip pengelompokan makhluk hidup untuk memahami konsep evolusi, keanekaragaman makhluk hidup dan pelestariannya. Pada materi Keanekaragaman dan pengelompokan makhluk hidup.

  12. Menganalisis struktur dan fungsi sel, peranan sel dan organisasi kehidupan. Pada materi Organisasi Kehidupan

  13. Menganalisis dinamika ekosistem, permasalahan lingkungan dan usaha-usaha konservasi lingkungan berdasarkan konsep dan prinsip ekologi. Pada materi Ekologi

  14. Menganalisis struktur dan fungsi sel, jaringan dan organ pada tumbuhan, dan penyakit pada tumbuhan. Pada Materi Struktur dan Fungsi tumbuhan.

  15. Menganalisis bagian, fungsi dan proses-proses metabolisme pada sistem organ, keterkaitan fungsi antara beberapa sistem organ, kelainan dan penyakit. Pada materi Sistem-sistem pada manusia dan hewan.

  16. Menganalisis data proses pada pewarisan sifat. Pada materi Pewarisan sifat.

  17. Menguasai konsep, prinsip dan perkembangan bioteknologi dan perannya dalam kehidupan manusia. Pada Materi Bioteknologi.

  18. Menganalisis data forensik untuk memecahkan kasus kriminal dan sengketa. Pada materi Forensik.

  19. Melakukan eksperimen, menganalisis data dan mengkomunikasikan hasil eksperimen. Pada materi Eksperimen (untuk babak final).

SILABUS OSN SMP ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) TAHUN 2022

Dalam silabus OSN IPA Jenjang SMP, terdapat 11 kompetensi :

  1. Menganalisis interaksi antar ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek sosial, ekonomi, budaya dan pendidikan di wilayah Indonesia melalui peta, tabel dan grafik. Pada materi Kondisi geografi indonesia.

  2. Menganalisis perubahan keruangan dan interaksi antar ruang yang diakibatkan faktor alam, manusia, dan pengaruhnya terhadap kelangsungan kehidupan di negara asean melalui grafik, tabel dan gambar secara kritis. Pda materi Interaksi antar ruang yang diakibatkan faktor alam, manusia, dan pengaruhnya terhadap kelangsungan kehidupan di negara-negara dunia.

  3. Mengevaluasi perubahan keruangan dan interaksi antar ruang negara-negara Asia dan negara-negara di benua lainnya serta dampaknya bagi kehidupan manusia. Pada materi Perubahan keruangan dan interaksi antar ruang negara-negara Asia dan negara-negara di benua lainnya serta dampaknya bagi kehidupan manusia.

  4. Menganalisis jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat. Pada materi Kelembagaan Sosial (Institusi Sosial).

  5. Mengevaluasi fungsi dan peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat. Pada materi Penyimpangan Sosial.

  6. Menganalisis bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi. Pada materi : (1) Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alam, Sosial, Budaya, dan Ekonomi. (2) Dinamika Interaksi Sosial Manusia dengan Lingkungannya dalam Konteks Pembangunan di Indonesia 

  7. Menganalisis pengaruh interaksi sosial terhadap kehidupan sosial dan kebangsaan. Pada materi mobilitas sosial, pluralitas, serta konflik dan integritas.

  8. a) Menganalisis interaksi antara manusia dalam memenuhi kebutuhan manusia. b) Menganalisis peran pelaku ekonomi dalam perekonomian. c) Menganalisis peran pelaku ekonomi secara individual di dalam perekonomian. d) Menganalisis kegiatan perekonomian secara keseluruhan. e) Menganalisis interaksi sosial-ekonomi masyarakat dengan l;ingkungan dalam konteks pembangunan ekonomi di Indonesia. 

  9. Menganalisis perubahan dan kesinambungan masyarakat di Nusantara pada masa Pra Aksara Hindu-Budha dan Islam. Pada materi  Perubahan dan kesinambungan masyarakat Indonesia pada masa Pra Aksara, Hindu-Budha dan Islam dalam a spek geografi, ekonomi, budaya, politik.

  10. Mengevaluasi perubahan dan kesinambungan dari masa penjajahan sampai tumbuhnya semangat kebangsaan. Pada materi : 1) Perubahan dan kesinambungan sosial, budaya, ekonomi, politik dari masa penjajahan sampai tumbuhnya semangat kebangsaan. 2) Munculnya organisasi pergerakan dan tumbuhnya semangat kebangsaan

  11. Mengevaluasi perubahan dan kesinambungan ruang dari masa kemerdekaan sampai awal reformasi untuk menghargai warisan sejarah dan nasionalisme. Pada materi Perubahan awal kemerdekaan ditinjau dari segi sosial, politik, ekonomi.

Download Silabus OSN Jenjang SMP Tahun 2022

Unutk lebih lengkapnya terkait isi silabus. Mulai dari kompetensi, materi dan lingkup materi untuk mata pelajaran matematika, IPA, dan IPS. Bisa klik tombol download dibawah ini.

Unduh Silabus OSN SMP 2022

Demikian informasi dari Jasinvite.com tentang Unduh Silabus OSN Jenjang SMP Tahun 2022. Smeoga bermanfaat.

Sumber:
https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/

Baca juga :
Media Informasi Pendidikan, Lifestyle, Design dan Teknologi