Download Aplikasi e-Rapor SD Merdeka Belajar Terintegrasi Dapodik

Jasinvite.com | Download Aplikasi e-Rapor SD Merdeka Belajar Terintegrasi Dapodik – Hi, kawan jasinvite. Pada kesempatan kali ini Minda ingin berbagi tips mudah cara menginstal aplikasi e-Rapor SD versi 2022.1 Merdeka Belajar. Anda juga akan mendapatkan installer beserta panduan yang berisi tentang langkah-langkah instalasi aplikasi e-raport SD versi 2022.1 Merdeka Belajar yang bisa didownload pada akhir postingan ini.

e-Rapor SD adalah aplikasi/perangkat lunak berbasis web yang berfungsi untuk manajemen penilaian dan menyusun laporan capaian kompetensi peserta didik (Rapor) pada satuan pendidikan di tingkat Sekolah Dasar (SD). Aplikasi e-Rapor SD dikembangkan dengan mengacu pada kaidah-kaidah sistem penilaian pada SD yang dikeluarkan oleh Dit. PSD dan dapat diimplementasikan pada satuan pendidikan pelaksana Kurikulum Merdeka Belajar.

Daftar Isi

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek) meluncurkan e-Rapor Kurikulum Merdeka pada Rabu (30/11/2022). Dikutip dari kanal YouTube Direktorat Sekolah Dasar, Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (PDM) Kemendikbudristek Iwan Syahril menjelaskan, e-Rapor adalah sistem aplikasi berbasis web yang diharapkan bisa mengubah pola manual ke pola digital. Menurutnya, dengan hadirnya e-Rapor maka guru-guru bisa lebih mudah dalam mengisi dan menginput data karena bisa dilakukan di mana saja.

Baca Juga :

Solusi Permasalahan Aplikasi e-Rapor SD Merdeka Belajar

Selain itu e-Rapor akan memudahkan guru untuk melihat capaian kompetensi, dan juga evaluasi, hasil belajar sampai pencetakan rapor.  Diharapkan e-Rapor juga bisa dipakai oleh administrator sistem dapodik serta dipakai guru maupun murid. "Semoga bisa bermanfaat dengan baik, memberikan kemerdekaan belajar yang lebih baik untuk anak-anak indonesia," ujar Iwan. 


Jasinvite.com - Download Aplikasi e-Rapor SD Merdeka Belajar Terintegrasi Dapodik
Jasinvite.com - Download Aplikasi e-Rapor SD Merdeka Belajar Terintegrasi Dapodik

Download Aplikasi e-Rapor SD Merdeka Belajar Terintegrasi Dapodik

Tips Instal dan Unduh e-Rapor SD Merdeka Belajar versi 2022.1

Secara teknis Aplikasi e-Rapor SD didesain terintegrasi dengan Aplikasi Dapodik. Pada saat ini telah dirilis Aplikasi e-Rapor SD Merdeka Belajar versi 2022.1 yang dapat terintegrasi dengan Aplikasi Dapodik versi terbaru. 

Aplikasi e-Rapor SD akan terus dikembangkan dan dilakukan penyesuian sejalan dengan perkembangan Aplikasi Dapodik. Aplikasi e-Rapor SD dikembangkan oleh Tim Pengembang eRapor SD.


Persyaratan Teknis Server

Untuk mendukung instalasi Aplikasi e-Rapor SD Merdeka Belajar diperlukan server atau komputer yang difungsikan sebagai server dengan spesifikasi minimal:

1) Prosesor minimal setara dual core.

2) OS windows 8/ 10, (32/64 bit) atas atau win server 2012.

3) RAM minimal disarankan 4 GB.

4) Ruang kosong pada drive C minimal 1 GB.

5) Disarankan menggunakan browser “Chrome”

 


Langkah Persiapan Sebelum Instal Aplikasi e-Rapor SD 2022.1 Merdeka Belajar

Agar instalasi dapat berjalan dengan baik,  beberapa hal yang harus dipersiapkan antara lain:

  1. Server atau komputer yang difungsikan sebagai server harus terinstal aplikasi Dapodik 
  2. Non aktifkan windows firewall.
  3. Non aktifkan antivirus yang terpasang pada server atau komputer
  4. Pastikan pada server atau komputer sudah terinstal browser versi terbaru tanpa plugin.

 


Langkah Instalasi Aplikasi e-Rapor SD versi 2022.1

Download Installer Aplikasi e-Rapor SD versi 2022.1 di website http://ditsd.kemdikbud.go.id / https://ditpsd.kemdikbud.go.id/l/erapor-sd-2022 atau bisa melalui link alternatif disini.

Setelah di download, Klik 2x installer eRapor SD versi 2022.1

Klik Lanjut, terus baru klik Pasang (tunggu sampai selesai).


Login Aplikasi e-Raport SD Merdeka Belajar versi 2022.1

Setelah berhasil masuk ke halaman login di http://localhost:7231/

Pada kolom Pengguna ketikan: admin

Pada kolom Password ketikan: admin123456

Klik : Masuk


Dalam Aplikasi e-Rapor SD Merdeka Belajar terdapat peran administrator, guru dan wali kelas yang masing-masing berbeda dalam menggunakan e-Rapor. Berikut tugas dan peran masing-masing pengguna :

1. Administrator:

Mendaftarkan webservice, Mengambil data dapodik, Membuat data user mengecek data user, Mengecek dan menyesuakan refrensi data dari dapodik, Membuat refrensi lokal (Pembelajaran, mapping rapor, penyesuaian logo sekolah dan pemda, TTD Kepsek dan TTD Wali Kelas, input tanggal rapor, Menyesuaikan refrensi tema, dimensi, elemen-subelemen dan target capaian P5, Menginput data projek dan deskripsi projek serta tema, elemen, dan sub elemen tiap projek, Menyusun kelompok/kelas dan fasilitator projek, Cetak leger dan rapor intra dan rapor projek, Backup restore data e-rapor.

2. Guru : 

Menginput tujuan pembelajaran yang telah disusun, Menyiapkan hasil penilaian, Mengolah dan kirim nilai akhir (cukup mengisi 1 nilai saja), Proses deskripsi (deskripsi didapatkan dari pemilihan TP mana yang sudah tercapai dan belum tercapai), Input capaian dan catatan projek P5, dan Input nilai ekstrakurikuler

3. Wali kelas : 

Edit data siswa, Input rekap kehadiran siswa, input nilai ekstrakurikuler, Input kenaikan kelas, Catat leger dan rapor intra dan rapor projek


Download Aplikasi e-Raport SD Merdeka Belajar versi 2022.1

Download Aplikasi e-Rapor SD


Demikian informasi dari Jasinvite.com tentang Download Aplikasi e-Rapor SD Merdeka Belajar Terintegrasi Dapodik. Silakan bagikan artikel ini, dan semoga bermanfaat.

 

Baca juga :
Media Informasi Pendidikan, Lifestyle, Design dan Teknologi