Self Reward: Sebuah Faedah atau Bencana?

Self Reward Sebuah Faedah atau Bencana? Berikut ini pengertian self reward. Bagaimana cara memberikan self reward yang tepat. Yuk simak smpai selesai.

Jasinvite.com | Self Reward: Sebuah Faedah atau Bencana? - Self reward pastinya tidak asing lagi ditelinga kita. Banyak sekali orang yang melakukan self reward setelah bekerja beberapa waktu dengan cara membeli barang-barang mahal atau jalan-jalan. Hal ini sebenarnya bisa dibilang menjadi sebuah budaya atau kebiasaan yang biasanya dilakukan oleh anak-anak muda atau orang dewasa juga melakukan self reward

Di zaman dengan kehidupan semakin keras seperti harga naik, bos toxic, pekerjaan yang toxic dan tidak memiliki support system maka yang jawabannya adalah dengan self reward supaya bisa survive dari kehidupan ini. Konsep ini bisa dibilang hal bagus untuk memulihkan fisik dan psikis atas perjuangan memperoleh sesuatu. Karena kita juga perlu memberikan apresiasi untuk diri kita sendiri. Tapi tidak selamanya konsep self reward ini baik untuk diri apabila dilakukan melebihi batas aman.

Daftar Isi

Jasinvite.com - Self Reward Sebuah Faedah atau Bencana?
Jasinvite.com - Self Reward Sebuah Faedah atau Bencana?

Self Reward: Sebuah Faedah atau Bencana?

Pengertian itu Self Reward?

Self reward adalah sebuah istilah bagi seseorang yang mengapresiasi untuk dirinya sendiri. Yaitu berupa tindakan semisal memberikan hadiah atau penghargaan kepada diri sendiri, dengan harapan dapat memotivasi serta memberikan semangat untuk menjadi lebih baik.


Bagaimana cara memberikan Self Reward yang tepat?

Sesuai standar pencapaian

Setiap orang memiliki standar pencapaian berbeda-beda. Jangan pernah membanding-bandingkan standar diri dengan orang lain. Sebelum melakukan self reward pastikan bahwa capaian kita capai memang pantas untuk mendapatkan reward. Oleh karena itu jangan mengatur standar terlalu rendah yang mengakibatkan melakukan apresiasi terlalu sering yang pada akhirnya berubah menjadi kebiasaan bukan self reward.

Sesuai kebutuhan

Ketika ingin melakukan self reward pastikan hal tersebut memang sesuai dengan kebutuhan diri. Pastikan hal tersebut tidak bertolak belakang dengan tujuan yang dicapai. Maka dari itu jangan membeli hadiah yang mahal apabila tidak sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan. Karena hal ini tidak relevan terhadap tujuan tersebut.

Tidak melakukan terlalu sering

Penyebab self reward berakhir dengan pemborosan karena seringnya memberikan penghargaan kepada diri pada standar pencapaian yang rendah. Pastikan pencapaian yang dilakukan memang pencapaian besar yang akan selalu diingat. Jangan sampai ketika gajian ada reward yang dilakukan yang berakhir menjadi pemborosan. Apabila perlu beri batasan maksimal untuk melakukan self reward.


Apa saja bahaya self reward yang tidak tepat?

Tidak mempunyai motivasi

Self reward membuat kita termotivasi untuk mencapai tujuan kita. Seringnya melakukan self reward akan membuat kita tidak semangat untuk mencapai tujuan besar kita. Hal ini dikarenakan tidak ada lagi perasaan ketika mendapatkan reward.

Tujuan utama berubah

Dengan kurangnya motivasi pada diri membuat tujuan utama yang ingin dicapai berubah. Berlebihan dalam memberikan reward membuat tujuan utama yang ingin dicapai teralihkan. Sehingga tidak mengusahakannya dengan masksimal.

Isi dompet kosong

Memberikan self reward dengan reward yang tidak bisa didapat dengan cuma-cuma terlalu sering akan membuat kita menjadi boros. Kebiasaan ini membuat semangat menurun untuk mencapai tujuan kita, dan hanya akan membuat isi dompet terkuras habis karena tidak bisa mengatur waktu dan materi yang tidak direncanakan.

Kurang disiplin

Terlalu sering melakukan self reward akan membuat kita kurang disiplin. Dampaknya akan membuatmu jauh dari tujuan yang akan dicapai dan membuat impian kita gagal terwujud.


Memberikan self reward pada diri sendiri merupakan penghargaan atas kerja keras yang telah dilakukan itu penting. Akan tetapi, jika dilakukan terlalu sering dan berlebihan hanya akan merugikan dan membuat kita gagal.

Demikian informasi dari Jasinvite.com terkait Self Reward: Sebuah Faedah atau Bencana?. Sudah ngertikan? ngerti dong pastinya, masa' enggak ngerti. Semoga bermanfaat ya.
Baca juga :
Media Informasi Pendidikan, Lifestyle, Design dan Teknologi