TIPS SEDERHANA MENGURANGI OVERTHINKING

Apakah kamu suka overthingking? Bagaimana cara agar tidak overthinking? dan cara mengatasinya? Yuk simak tips sederhana untuk mengurangi overthinking.

Jasinvite.comTips Sederhana Mengurangi Overthinking - Hai, Kawan Jasinvite, istilah overthinking pasti udah gak asing lagi bagi kawan jasinvite. Pernahkan terlintas dibenak Anda, apakah semua orang pernah overthinking? Apakah kamu termasuk orang yang suka memikirkan sesuatu secara berlebihan atau overthingking? Orang yang overthingking biasanya menghabiskan waktu berjam-jam untuk untuk memikirkan hal yang belum tentu akan terjadi. 

Kapan jam jam overthinking? Memikirkan kemungkinan yang akan terjadi sebelum bertindak memang baik, akan tetapi disisi lain akan merugikan jika dilakukan secara berlebihan. Lantas, Bagaimana cara agar tidak overthinking? dan bagaimana mengatasi sikap overthinking? Berikut tips sederhana yang patut Anda lakukan untuk mengurangi dan mengatasi overthinking.

Daftar Isi

Jasinvite.com -  Tips Sederhana Mengurangi Overthinking
Jasinvite.com -  Tips Sederhana Mengurangi Overthinking

Tips Sederhana Mengurangi Overthinking

Kenapa Overthinking Merugikan?

Jika kita mau intropeksi diri, mungkin Anda pernah bertanya pada diri sendiri, kenapa aku selalu overthinking? Apakah overthinking itu normal? Apakah overthinking berbahaya?

Overthinking membuatmu menghabiskan waktu yang lama berfikir, akibatnya tenaga akan terkuras dan tidak banyak tindakan yang dapat dilakukan. Pada akhirnya hanya akan membuat waktumu terbuang secara sia-sia. Overthinking dapat berakibat susah tidur, kehilangan kedamaian dalam diri dan mengalami kecemasan.

Overthinking dapat menyebabkan tekanan emosional yang serius. Kondisi ini dapat memicu terjadinya stress. Stress berlebihan dapat meningkatkan resiko gangguan jiwa, seperti depresi, gangguan kecemasan hingga serangan panik yang diakibatkan stress parah yang sudah menumpuk.


Bagaimana Cara Mengatasi Overthinking?

Jasinvite.com -  Bagaimana Cara Mengatasi Overthinking
Jasinvite.com -  Bagaimana Cara Mengatasi Overthinking

Overthinking akan membuatmu sangat tidak nyaman dan hanya akan membatasi dirmu untuk melangkah kedepan. Nah, berikut ini adalah tips sederhana untuk mengatasi overthinking sebagai berikut:
  1. Cari tahu penyebabnya

    Orang yang overthinking cenderung memikirkan masalah secara berulang, yang terkadang tidak sejalan dengan pemecahan masalah. Sikap seperti ini dapat mengakibatkan sulitnya untuk mengambil keputusan.

    Masalah-masalah tertentu dapat menimbulkan overthinking pada beberapa orang. Penyebab munculnya overthingking harus dicari tahu. Dengan tujuan untuk membatasi diri untuk tidak berlebihan dalam berpikir pada masalah tersebut. Untuk mengetahui penyebab sikap ini harus meningkatkan kesadaran diri, dengan cara merenungkan masalah atau situasi yang mempengaruhi suasana hati dan berpikir terlalu banyak.

  2. Tuliskan

    Menuliskan isi pikiran, seperti memindahkan isi kepala ke dalam kertas. Cara ini akan membantu untuk meringankan beban pikiran dan membuat lebih jelas, terstruktur serta memudahkan untuk memikirkan langkah yang akan diambil untuk menemukan solusi dari situasi tersebut.
  3. Ceritakan

    Ketika overthinking jangan dipendam sendiri. Miliki teman curhat yang tepat untuk membicarakan pikiran dan perasaan kita. Dengan memiliki teman curhat yang tepat dapat menguraikan pikiran yang rumit, benar-benar dapat menuangkan/mengungkapkan segala pikiran, memberikan sudut pandang baru, bahkan dapat menyelesaikan masalah tersebut.
  4. Lakukan, jangan memunda

    Segera lakukan hal yang dapat dilakukan pada saat itu, jangan menunda. Beberapa orang menjadi overthinking karena menunda melakukan hal yang ingin dilakukan.
    Menunda hal ini hanya akan membuat kita berpikir terus menerus.
  5. Alihkan Kegiatan

    Carilah kegiatan yang melibatkan fisik atau berinteraksi dengan orang lain. Kegiatan-kegiatan aktif juga dapat mengurangi overthinking. Olahraga bisa menjadi alternatif untuk dilakukan. Sebab, manfaat dari olahraga pada Kesehatan otak dapat membebaskan pikiran dari pikiran negatif dan mengalihkan pikiran sejenak dari hal yang tidak penting.
  6. Jangan tenggelam dalam penyesalan

    Sering kali orang yang overthinking tenggelam dalam penyesalan karena salah mengambil keputusan. Akan ada banyak sketsa kemugkinan “seharusnya” atau “seandainya”. Dalam hal ini orang overthinking akan membandingkan sketsa pemikirannya dengan kejadian yang dialaminya. Hal ini hanya akan membuat stress.

    Dapat disimpulkan bahwa dari pada tenggelam dalam penyesalah lebih baik kesalahan tersebut dijadikan pelajaran dan dijadikan sebagai intropeksi diri agar tidak salah mengambil keputusan.
  7. Nikmati apa yang sedang dilakukan

    Buat dirimu hadir dalam present moment. Nikmati apa yang sedang dilakukan saat ini dan fokuskan sepenuhnya ke dalam apa yang sedang dilakukan saat ini. Latihlah dirimu dengan “here and now” agar dapat cepat mengurangi overthinking.
  8. Bereskan cara pandang

    Seringkali overthinking disebebkan karena self-worth yang rendah. Apabila memandang diri sendiri dengan sehat, maka tak akan ada lagi banyak hal yang menjadi beban pikiran.

Kesimpulan

Overthinking yang terus dibiarkan tertanam dalam diri dapat membuat kesehatan tubuh dan mental terganggu. Dari pada tenggelam dalam penyesalan dan terlalu jauh memikirkan hal yang belum tentu terjadi lebih baik untuk menikmati dan mejalani apa yang sedang dilakukan sekarang tanpa harus membandingkan kenyataan dengan sketsa yang dirancang. Fokuslah dengan kegiatan yang dilakukan dan jangan memberikan self-woth yang rendah pada diri sendiri.

Demikian informasi dari Jasinvite.com tentang Tips Sederhana Mengurangi Overthinking. Silahkan share ya, semoga bermanfaat.

Sumber:
Josua Iwan Wahyudi
- Emotional Intelligent Specialist -

Baca juga :
Media Informasi Pendidikan, Lifestyle, Design dan Teknologi