Cara Membuat Alur Kerja Desain Web

Untuk mempelajari cara membuat alur kerja desain web, teruslah membaca. Kami bahas alur kerja web, mengapa dibutuhkan dan bagaimana cara memulainya.

Jasinvite.com | Cara Membuat Alur Kerja Desain Web - Mengapa klien atau pengusaha akan mempekerjakan Anda untuk menjadi perancang web mereka? Pertama, mereka ingin menggunakan kreativitas, kecerdikan, dan ketajaman desain Anda. Tetapi sifat-sifat itu saja tidak akan menjamin bahwa Anda akan menjadi kontributor yang efisien atau efektif - dan itu juga penting.

Klien tentu saja ingin Anda merancang sesuatu yang luar biasa untuk mereka. Tapi tahukah Anda apa lagi yang mereka inginkan? Mereka ingin semuanya berjalan lancar. Salah satu cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan membuat struktur untuk cara Anda bekerja.

Daftar Isi

Jasinvite.com -  Cara Membuat Alur Kerja Desain Web
Jasinvite.com -  Cara Membuat Alur Kerja Desain Web

Cara Membuat Alur Kerja Desain Web

Untuk mempelajari cara membuat alur kerja desain web Anda sendiri yang berulang dan dioptimalkan, teruslah membaca. Kami akan membahas apa itu alur kerja desain web, mengapa Anda membutuhkannya, dan apa yang Anda butuhkan sebelum memulainya.

Kami juga akan memecah 10 langkah yang harus disertakan dalam alur kerja Anda, mulai dari menghosting panggilan kick off pertama dengan klien Anda hingga menyediakan pemeliharaan situs web setelah menyerahkannya.

    Apa itu Alur Kerja Desain Web?

    Alur kerja desain web adalah kerangka kerja terperinci yang menjabarkan semua fase, langkah, dan tugas yang diperlukan untuk membuat situs web. Ini mencakup semua aspek proses, mulai dari perencanaan hingga eksekusi dan pasca-peluncuran.

    Pendekatan terstruktur untuk desain web ini membebaskan perancang dari tekanan mengelola proyek karena seluruh proses didokumentasikan dengan baik, mudah diikuti, dan disempurnakan untuk sukses.

    Sementara alur kerja desain web mungkin berbeda dari desainer ke desainer dan agensi ke agensi, mereka semua umumnya menggunakan fase yang sama:

    Tahap 1: Penelitian

    Pada fase ini, perancang web menggunakan berbagai sumber daya - termasuk klien - untuk mengumpulkan informasi tentang:

    • Perusahaan
    • Tujuan situs web
    • Target audiens
    • Industri
    • Persaingan
    • Tren desain dan konten

    Desainer juga mengumpulkan apa pun yang mereka butuhkan dari klien pada saat ini, seperti file logo, gambar, dan aset merek lainnya.

    Tahap 2: Perencanaan

    Setelah pengumpulan informasi dilakukan, perancang merencanakan situs web. Selama fase ini, mereka datang dengan hierarki informasi situs web, konsep UX (wireframe situs web untuk halaman utama) dan konsep desain visual.

    Alat-alat ini bersama dengan penelitian awal akan digunakan dalam langkah-langkah eksekusi untuk memastikan bahwa setiap orang yang terlibat dalam proyek - misalnya, desainer, penulis, pengembang, dan SEO - menggunakan kerangka kerja proyek yang sama.

    Tahap 3: Eksekusi

    Selama fase ini, perancang dan tim mereka (jika mereka memilikinya) akan menarik semua bagian bersama-sama untuk membuat situs web yang berfungsi penuh.

    Mereka akan membuat semua konten, grafik, serta desain yang sepenuhnya responsif untuk situs web. Selain itu, mereka akan menerapkan strategi UX untuk memastikan bahwa situs web tidak hanya terlihat bagus, tetapi juga terasa enak bagi pengunjung.

    Selain implementasi, beberapa putaran QA dan pengujian akan dilakukan untuk memastikan tidak ada bug atau kesalahan dalam situs web dan konten. Klien juga akan dilingkarkan untuk meninjau apa yang telah dilakukan, memberikan umpan balik dan akhirnya menandatanganinya.

    Fase 4: Peluncuran

    Dengan situs web yang diselesaikan dan disetujui, perancang web akan memindahkannya ke server langsung dan secara resmi meluncurkannya.

    Klien kemudian akan diberikan semua kiriman situs web mereka. Jika pekerjaan pemeliharaan lebih lanjut harus dilakukan di situs, itu akan dibahas dan dimulai saat ini juga.


    Mengapa Anda Membutuhkan Alur Kerja Desain Web?

    Jasinvite.com -  Mengapa Anda membutuhkan alur kerja desain web?
    Jasinvite.com -  Mengapa Anda membutuhkan alur kerja desain web?

    Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan alur kerja desain web untuk Anda:

    Cara Bebas Stres untuk Bekerja

    Alur kerja Anda bertanggung jawab atas segalanya - mulai dari onboarding klien Anda hingga meluncurkan situs web bebas bug. Dengan rencana lengkap yang ditetapkan, Anda akan mengalami lebih sedikit stres saat mengerjakan proyek baru.

    Buat Garis Waktu yang Lebih Akurat

    Saat Anda membuat proses alur kerja yang dapat diulang, tidak akan lama sebelum Anda mempelajari berapa lama waktu yang dibutuhkan setiap langkah dan tugas untuk diselesaikan. Dengan data ini, Anda akan dapat lebih akurat menetapkan jadwal untuk pekerjaan Anda sehingga Anda dapat menyelesaikannya tepat waktu, setiap saat.

    Selain itu, informasi ini akan memungkinkan Anda untuk transparan dengan klien Anda tentang proses Anda, sehingga mereka tidak disimpan dalam kegelapan atau menunggu bertanya-tanya kapan Anda akan berhubungan lagi.

    Bekerja Lebih Cepat

    Manfaat lain untuk memiliki alur kerja yang dapat diulang adalah bahwa hal itu menjadi sifat kedua. Meskipun Anda masih ingin merujuk ke daftar periksa alur kerja Anda untuk memastikan bahwa semuanya selesai dan dalam urutan yang benar, Anda akan dapat menyelesaikan semua tugas Anda dengan lebih cepat.

    Menghabiskan lebih sedikit waktu untuk mundur

    Tanpa proses yang terdokumentasi, terlalu mudah untuk kehilangan jejak langkah-langkah kecil namun penting itu. Terlebih lagi, Anda lebih rentan terhadap kesalahan dan kesalahan saat bekerja dari memori, bukan proses. Proses alur kerja Anda akan mengurangi jumlah waktu yang Anda habiskan untuk mundur dan merevisi.

    Lebih Mudah Mengatasi Kebakaran

    Proses desain web yang terdokumentasi dengan baik akan sangat meningkatkan produktivitas Anda. Ketika Anda menemukan cara yang lebih baik dan lebih cepat untuk menyelesaikan tugas Anda, itu akan memberi Anda lebih banyak waktu "gratis" untuk mengatasi keadaan darurat klien atau masalah pribadi - dan Anda tidak perlu berkompromi dengan timeline Anda untuk melakukannya.

    Memberikan Hasil yang Lebih Baik

    Ketika Anda bekerja tanpa proses, akan ada banyak hal yang bersaing untuk mendapatkan perhatian Anda. Mencoba mengingat apa yang harus dikerjakan selanjutnya. Menjawab email dari klien yang ingin tahu bagaimana hal-hal yang terjadi. Mencari tahu pendekatan terbaik untuk situs web yang sedang Anda kerjakan. Alur kerja membawa struktur dan ketertiban ke pekerjaan Anda sehingga Anda dapat fokus pada pembuatan alih-alih berkoordinasi.

    Meningkatkan Margin Keuntungan

    Dengan peningkatan produktivitas dan lebih sedikit kesalahan atau masalah, Anda akan dapat bekerja lebih cepat dan lebih cerdas. Ketika Anda menyelesaikan proyek lebih cepat, itu akan membebaskan Anda untuk mengambil lebih banyak pekerjaan yang memberi margin keuntungan Anda dorongan besar.


    Apa yang Anda Butuhkan Sebelum Memulai Alur Kerja Desain Web Anda?

    Idealnya, Anda akan dapat membuat satu template alur kerja desain web yang dapat digunakan pada setiap proyek yang Anda kerjakan. Karena setiap pekerjaan akan sedikit berbeda, Anda akan memerlukan beberapa hal agar detail alur kerja Anda dapat langsung mencerminkannya.

    Jasinvite.com -  Persiapan sebelum memulai kerja desain web
    Jasinvite.com -  Persiapan sebelum memulai kerja desain web

    Untuk menyesuaikan dan menyelesaikan alur kerja desain web Anda sebelum memulai, Anda memerlukan hal berikut:

    1. Daftar Sumber Daya dan Anggota Tim yang Tersedia

    Jika Anda bekerja di situs web saja, maka Anda tidak perlu khawatir tentang yang satu ini. Namun, jika Anda berkolaborasi dengan anggota tim atau kontraktor, maka catat siapa yang akan terlibat, apa peran mereka nantinya, dan konfirmasikan ketersediaannya sehingga Anda dapat menjadwalkan tugas mereka sesuai dengan itu. Anda tidak perlu sesuatu yang mewah untuk ini cukup Spreadsheet saja sudah sangat membantu.

    2. Perangkat Lunak Manajemen Proyek

    Cara terbaik untuk mendokumentasikan dan mengelola alur kerja desain web Anda adalah dengan mengaturnya dalam platform manajemen proyek di mana ia akan didigitalkan dan mudah diduplikasi.

    Ini tidak hanya akan memberi semua orang yang terlibat dalam proyek visibilitas yang jelas tentang apa yang perlu dilakukan, tetapi Anda dapat mengotomatiskan beberapa hal yang seharusnya Anda pegang dengan tangan. Misalnya:

    • Memberikan tugas kepada pemangku kepentingan
    • Menambahkan tanggal jatuh tempo ke setiap tugas
    • Siapkan pengingat sehingga pemangku kepentingan diingatkan sebelumnya tentang tenggat waktu

    Ada banyak alat manajemen proyek hebat lainnya di luar sana untuk desainer web - seperti Trello, monday.com, dan Asana.

    3. Teknologi Desain Web

    Hal terakhir yang Anda inginkan adalah harus mencari tahu teknologi desain web mana yang akan digunakan setelah proyek Anda dimulai. Sebaliknya, Anda harus sudah tahu alat mana yang akan Anda gunakan. Itu akan jauh lebih mudah untuk mengetahui apakah Anda menggunakan alat yang sama dari pekerjaan ke pekerjaan.

    Misalnya, beberapa dari Anda mungkin lebih suka mendesain di platform seperti Sketch atau Photoshop dan kemudian mengembangkan semuanya di WordPress.

    Di sisi lain, jika Anda lebih suka cara yang lebih efisien untuk merancang dan mengembangkan situs web, Anda dapat memilih untuk bekerja sepenuhnya di WordPress untuk membuat:

    • Struktur situs
    • Wireframes
    • Komponen desain kustom
    • Gaya global
    • Mockups

    Terlebih lagi, Elementor memudahkan untuk mengelola seluruh alur kerja desain dan pengembangan Anda.

    4. Lingkup Pekerjaan

    Ketika Anda menyusun proposal situs web untuk calon klien Anda, Anda juga harus memetakan ruang lingkup pekerjaan (SOW). Ini akan mencakup bagian-bagian berikut:

    • Perkenalan
    • Gambaran umum dan tujuan
    • Ruang lingkup pekerjaan
    • Daftar fase dan tugas
    • Garis waktu dan tonggak sejarah
    • Anggaran
    • Penyerahan
    • Persyaratan teknis
    • Inklusi
    • Pengecualian

    Dokumen ini akan memainkan peran penting dalam fase pertama proyek Anda saat Anda mengatur semuanya. Pastikan Anda menyimpannya di folder proyek dan alur kerja desain web mencerminkan keanehannya.

    Anda dapat dengan mudah menghasilkan salah satunya dalam pengolah kata dan kemudian menyimpannya ke PDF.

    5. Daftar Elemen Desain yang Harus Dibuat

    Lihatlah kontrak klien yang ditandatangani dan SOW. Kemudian tuliskan apa yang menjadi tanggung jawab Anda untuk dibuat. Ini mungkin tidak sama dari pekerjaan ke pekerjaan.

    Misalnya, untuk Klien A, Anda mungkin harus membuat:

    • Logo
    • Panduan gaya
    • situs web 10 halaman
    • Formulir kontak dengan pemformatan bersyarat
    • Memimpin pop-up magnet

    Namun, untuk Klien B, Anda mungkin membuat:

    • situs web 5 halaman
    • Halaman arahan corong penjualan
    • Checkout berkemampuan Stripe

    Dengan membuat daftar semua yang Anda rancang, Anda akan tahu langkah-langkah mana yang harus ditambahkan atau dihapus sebelum kick-off.

    Tambahkan daftar ini ke spreadsheet yang sama tempat Anda mencantumkan sumber daya Anda:

    6. Daftar Konten yang Akan Dibuat

    Dalam beberapa kasus, Anda mungkin tidak membuat konten apa pun. Sebagai gantinya, Anda akan mendapatkannya dari klien Anda. Terlepas dari itu, ini masih merupakan langkah penting untuk dilalui.

    Tuliskan halaman mana yang perlu Anda salin. Kemudian buat catatan tentang siapa yang bertanggung jawab untuk menyediakan konten.

    Ini adalah sesuatu yang akan Anda rujuk di fase pertama baik dengan klien atau copywriter Anda. Silakan dan tambahkan daftar ini ke spreadsheet yang sama tempat Anda mencantumkan sumber daya Anda:


    Apa yang Harus Disertakan dalam Alur Kerja Desain Web Anda?

    Jasinvite.com - Langkah Kerja Desain Web
    Jasinvite.com - Langkah Kerja Desain Web

    Langkah-langkah berikut akan memberikan dasar untuk alur kerja desain web Anda.

    Langkah 1: Host Panggilan Kick off Klien

    Proses orientasi klien menetapkan panggung untuk bagaimana sisa proyek akan berjalan. Tujuan Anda selama panggilan kick off langsung ini harus menetapkan harapan realistis yang terkait dengan tujuan proyek, garis waktu dan hasil.

    Wawancarai klien untuk mengetahui lebih lanjut tentang perusahaan dan kebutuhan mereka dan mendokumentasikan semuanya dalam ringkasan situs web.

    Pertama, kumpulkan semua yang Anda butuhkan

    Ada beberapa alat yang dapat Anda gunakan untuk membuat proses berjalan lancar:

    1 – Perangkat lunak konferensi video seperti Zoom atau Skype di mana Anda dapat berbicara dengan klien secara real-time, berbagi layar Anda dan merekam panggilan kick off.

    2 – Kuesioner dengan semua pertanyaan yang perlu Anda tanyakan kepada mereka tentang perusahaan mereka, tujuan proyek, selera desain dan konten, dan sebagainya. Gunakan template kuesioner desain situs web ini untuk membuatnya sendiri.

    3 – Aset dan login yang Anda butuhkan untuk membuat dan menyelesaikan situs web. Ini mungkin termasuk:

    • Logo merek
    • Panduan gaya
    • Lisensi tema atau plugin premium
    • Aset gambar
    • Menyalin
    • Login untuk web hosting dan domain

    Sederhanakan proses ini dengan alat seperti Content Snare atau File Invite.

    Langkah 2: Lakukan Penelitian dan Persiapan Anda

    Meskipun penting untuk mendapatkan informasi langsung tentang perusahaan dari klien Anda, Anda juga perlu melakukan penelitian dari luar. Terlepas dari jenis situs web apa yang Anda bangun, ada beberapa jenis penelitian yang akan Anda lakukan setiap saat:

    Analisis industri – Penelitian semacam ini akan memberi petunjuk kepada Anda tentang apa yang terjadi dalam industri serta arah pergerakannya. Ini juga akan memberi Anda pemahaman yang baik tentang apa tren dalam hal desain web khusus industri.

    Analisis kompetitif – Penelitian semacam ini akan membantu penentuan posisi. Jika Anda dapat menemukan di mana tren berada di antara situs web pesaing, Anda dapat merancang situs web yang bersaing pada tingkat yang sama. Kemudian, cari celah dalam strategi mereka yang dapat Anda isi ketika Anda membangun situs klien Anda.

    Riset audiens target – Klien Anda akan dapat memberi tahu Anda siapa yang mereka targetkan. Terserah Anda untuk mempelajari lebih lanjut tentang mereka - demografi, kebutuhan, ketakutan, dan motivasi mereka. Kemudian, buat persona pengguna yang benar yang dapat Anda desain, dan copywriter Anda dapat menulis untuknya.

    Tergantung pada ruang lingkup pekerjaan, Anda mungkin juga perlu melakukan penelitian yang berkaitan dengan optimasi mesin pencari sehingga Anda dapat merumuskan strategi yang tepat untuk situs mereka.

    Selain laporan ini dan profil persona pengguna, Anda juga harus membuat panduan gaya atau sistem desain jika klien Anda belum memilikinya.

    Dokumen-dokumen ini memberi Anda dan tim Anda bahasa visual yang jelas untuk digunakan ke depan. Mereka juga membuat memperbarui atau mendesain ulang situs web di jalan jauh lebih mudah dilakukan.

    Langkah 3: Rencanakan Struktur Situs

    Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat sitemap. Anda mungkin memiliki gagasan inovatif tentang halaman mana yang dibutuhkan dan bagaimana mereka harus terhubung bersama berdasarkan apa yang klien Anda katakan kepada Anda.

    Namun, pastikan untuk merujuk penelitian yang Anda lakukan pada langkah sebelumnya untuk memastikan Anda tidak melewatkan apa pun. Mungkin ada halaman tambahan kompetisi telah disertakan yang berkinerja baik. Atau mungkin bahkan bagaimana mereka menamai mereka atau urutan di mana mereka tampaknya berbeda dari apa yang Awalnya Anda rencanakan.

    Kemudian, gunakan informasi yang Anda kumpulkan pada audiens target untuk memutuskan cara terbaik untuk menyempurnakan peta situs.

    Dalam hal membuat sketsa peta situs, gunakan alat gratis seperti GlooMaps untuk mengatur semuanya:

    Ini adalah solusi mudah jika Anda bekerja dengan satu set halaman yang relatif kecil.

    Jika Anda ingin melakukan sesuatu yang lebih maju, seperti untuk toko e-commerce atau yang menunjukkan bagaimana wireframes Anda terhubung satu sama lain, Flow Mapp adalah pilihan yang sangat baik:

    Berbicara tentang wireframes, itulah hal lain yang harus Anda selesaikan pada tahap ini.

    Wireframes adalah sketsa yang sangat mendasar yang menunjukkan bagaimana setiap halaman akan ditata. Anda akan menggunakan konten placeholder untuk menunjukkan bagaimana semuanya akan cocok dan mengalir.

    Salah satu cara untuk membuat wireframes Anda adalah dengan alat seperti Balsamiq atau Mock Flow. Pilihan lain adalah membuat wireframes Anda dengan Elementor.

    Apa yang hebat tentang opsi ini adalah Anda dapat dengan cepat membangun wireframe lengkap hanya dengan menggunakan template hitam-putih Elementor. Jadi, daripada menghabiskan waktu Anda meletakkan dasar struktural untuk halaman, Anda malah dapat fokus pada tweaking tata letak dan desain.

    Langkah 4: Tulis Konten

    Langkah ini semua tergantung pada siapa yang menulis konten. Jika Anda mendapatkan konten dari klien, idealnya Anda akan mendapatkannya selama fase orientasi. Jika tidak, Anda berisiko harus menunda proyek Anda jika mereka tidak mendapatkannya tepat waktu kepada Anda.

    Jika Anda mendapatkan konten dari copywriter pihak ketiga atau Anda melakukannya sendiri, maka Anda harus meluangkan waktu untuk menulis brief untuk itu terlebih dahulu.

    Ringkasan konten Anda harus menyertakan detail berikut untuk setiap halaman:

    • Nama halaman
    • Teks H1
    • Deskripsi singkat tentang apa halaman itu dan apa yang harus dicakupnya
    • Catatan yang relevan dari klien
    • Ajakan bertindak
    • Tautan ke halaman web serupa yang ingin Anda cerminkan struktur atau gaya
    • Rentang jumlah kata
    • Pedoman dan kata kunci SEO (jika ada)

    Pastikan penulis juga dilengkapi dengan semua penelitian dan wireframes yang relevan sehingga mereka dapat menulis salinan agar sesuai dengan ruang yang dialokasikan.

    Langkah 5: Desain Mockups Situs Web

    Ada dua pendekatan ketika datang untuk mengelola salinan dan desain situs web.

    Opsi 1: Dapatkan salinan yang ditulis terlebih dahulu dan kemudian kerjakan mockup setelah konten selesai sehingga Anda memiliki sesuatu untuk dirancang.

    Opsi 2: Buat salinan dan desain secara bersamaan - bersama satu sama lain atau tidak. Yang mengatakan, lebih baik berkolaborasi jika memungkinkan.

    Ketika Anda siap untuk memulai, ambil semua penelitian dan perencanaan yang telah Anda lakukan dan terjemahkan ke dalam desain web yang modern, menarik, dan efektif.

    Sekali lagi, Anda memiliki pilihan. Beberapa desainer lebih suka mendesain situs web jauh dari server langsung (dan mata klien yang mengintip). Dalam hal ini, Anda dapat membuat mockup statis di perangkat lunak desain pilihan Anda, seperti Adobe Photoshop atau Sketch. Jika Anda pergi rute ini, itu akan membutuhkan pekerjaan pengembangan tambahan.

    Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah mengatur lingkungan pementasan di server Anda sendiri atau menggunakan alat seperti Local by Flywheel untuk melakukannya. Kemudian desain mockups pada instalasi WordPress yang sebenarnya:

    Jika Anda telah membuat wireframes Anda menggunakan Elementor, maka masuk akal untuk merancang mockup Anda di Elementor juga.

    Manfaat melakukan ini tidak hanya menghemat waktu, meskipun itu adalah kemenangan besar. Anda juga dapat menambahkan fungsionalitas ke maket Anda (mengubahnya menjadi prototipe yang berfungsi), sehingga klien Anda akan memiliki sesuatu yang lebih realistis untuk ditinjau dan disetujui ketika Anda memberikannya kepada mereka.

    Langkah 6: Tinjau Situs Web dengan Klien

    Berbicara tentang ulasan klien, ini adalah titik ketika Anda harus memutarnya ke dalam proyek untuk meninjau semua yang telah Anda buat - baik konten maupun desain.

    Itu selalu yang terbaik untuk mengambil pendekatan terstruktur dan langsung ke tahap peninjauan klien. Jika tidak, umpan balik klien mungkin menjadi tidak jelas, tidak teratur, atau berat.

    Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan umpan balik yang tepat:

    Selenggarakan walk-through langsung melalui Zoom atau Skype.

    Anda bahkan dapat menyerahkan kontrol berbagi layar kepada klien, memberi mereka tautan ke prototipe dan mengundang mereka untuk melihatnya, dan mengajukan pertanyaan apa pun yang muncul secara real-time.

    Beri klien kesempatan untuk meninggalkan umpan balik sendiri.

    Salah satu cara untuk melakukan ini adalah dengan menginstal alat umpan balik visual seperti Bug Herd di situs web. Klien Anda kemudian akan menjatuhkan catatan dan pertanyaan mereka ke bagian halaman yang relevan.

    Jika Anda ingin sedikit lebih banyak kontrol atas jenis umpan balik apa yang mereka berikan, alat pengujian pengguna seperti Usability Hub mungkin lebih masuk akal.

    Dengan begitu, Anda dapat mengajukan pertanyaan dalam konteks situs dan membimbing klien Anda untuk memberikan umpan balik yang berharga.

    Hal lain yang perlu diingat selama fase ini adalah berapa banyak orang yang akan Anda izinkan untuk memberikan umpan balik.

    Klien Anda mungkin memiliki banyak kepala departemen yang ingin mereka pertimbangkan. Tergantung pada ukuran dan ruang lingkup pekerjaan, yang mungkin masuk akal. Namun, untuk situs web yang lebih kecil, Anda dapat memberi mereka pilihan untuk memilih satu orang untuk melakukan peninjauan dan umpan balik atau bagi mereka untuk bekerja secara internal untuk menghasilkan umpan balik yang konsisten dan terkonsolidasi.

    Langkah 7: Pengembangan Situs Web Lengkap

    Dengan lampu hijau klien Anda pada salinan dan desain situs web, langkah selanjutnya adalah memindahkan situs ke dalam pengembangan.

    Jika Anda membuat desain Anda di luar WordPress, maka Anda atau pengembang Anda akan memerlukan langkah pengembangan yang lebih lama untuk membuat ulang atau membuat kode khusus desain di WordPress.

    Jika Anda merancang prototipe Anda di WordPress, maka langkah ini akan berjalan lebih cepat. Anda akan melewati pekerjaan pengembangan dan beralih ke semua hal tambahan yang perlu dilakukan.

    Misalnya:

    • Mengalir dalam salinan (jika belum ada).
    • Perbaiki tautan internal.
    • Tambahkan SEO yang relevan.
    • Optimalkan untuk kecepatan.
    • Mengeraskan keamanan situs Anda.

    Jika klien Anda memiliki umpan balik yang belum diimplementasikan dan berada dalam lingkup proyek, terapkan dalam langkah ini.

    Langkah 8: Lakukan Tes Jaminan Kualitas Anda dan Selesaikan Situs

    Jika Anda bekerja sendiri, temukan orang lain - mungkin sesama desainer atau mungkin copywriter Anda - untuk melihat-lihat situs tersebut. Adalah baik untuk memiliki satu set mata segar melihat sesuatu yang telah Anda kerjakan selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan.

    Jika Anda berkolaborasi dengan tim, bukan ide yang buruk untuk mendelegasikan berbagai jenis QA berdasarkan peran mereka. Misalnya, copywriter harus meninjau semua konten dan implementasi SEO. Desainer atau pengembang lain harus melakukan walk-through untuk memeriksa bug, kesalahan, elemen yang rusak, dll.

    Anda kemudian dapat menggunakan alat untuk melakukan pemeriksaan teknis Anda:

    • Tes responsif dengan Browser Stack:
    • Tes lintas browser dengan Lambda Test:
    • Pemeriksaan kesalahan situs web dengan SolarWinds:
    • Pemeriksaan tautan rusak dengan Dead Link Checker:
    • Tes aksesibilitas dengan WAVE:

    Anda akhirnya harus menguji kecepatan, keamanan, dan SEO. Namun, Anda tidak akan dapat melakukannya sampai situs web ditayangkan.

    Pastikan untuk menjadwalkan waktu setelah peluncuran untuk menilai situs untuk masalah potensial di area tersebut. Anda dapat menggunakan plugin keamanan WordPress Anda untuk memeriksa masalah. Untuk SEO dan kecepatan, gunakan alat Core Web Vitals Google.

    Langkah 9: Luncurkan Situs dan Serahkan Kiriman

    Dengan situs web selesai dan klien Anda dengan senang hati menandatanganinya, saatnya untuk mendorong situs web secara langsung.

    Jika situs dibuat di server langsung dan Anda memiliki halaman Under Maintenance yang menghalangi pengunjung untuk melihatnya, cukup nonaktifkan pengaturannya.

    Jika situs dibuat pada server pementasan, pindahkan ke server hosting web klien dan hubungkan ke nama domain. Berikut adalah tutorial cepat yang menunjukkan kepada Anda cara mendorong situs web dari pementasan menjadi hidup.

    Jika situs dibuat pada server pementasan, pindahkan ke server hosting web klien dan hubungkan ke nama domain. Berikut adalah tutorial cepat yang menunjukkan kepada Anda cara mendorong situs web dari pementasan menjadi hidup.

    Dengan situs web aktif dan berjalan di server langsung, lakukan satu walk-through yang lebih lengkap dan pastikan tidak ada bug yang muncul selama peralihan.

    Setelah selesai, sambungkan situs web ke Google Analytics. Jika Anda akan mengelola situs ke depan, tidak apa-apa untuk mengatur akun di bawah Anda sendiri dan kemudian memberikan klien Anda akses ke data.

    Jika Anda menyerahkan situs tersebut kepada klien, berikan petunjuk tentang cara membuat akun Google Analytics dan menambahkan Anda sebagai admin. Kemudian, Anda dapat mengatur pelacakan di situs mereka.

    Satu hal terakhir yang harus dilakukan dalam langkah ini adalah memberi klien Anda kiriman yang Anda berutang kepada mereka. Ini akan berbeda berdasarkan ruang lingkup pekerjaan asli serta proses desain web spesifik Anda.

    Langkah 10: Menyediakan Pemeliharaan Situs Web (Opsional)

    Langkah ini hanya berlaku jika Anda menyediakan pemeliharaan situs web. Jika ya, maka langkah ini akan terus berlanjut. Untuk beberapa situs web, yang mungkin hanya memerlukan check-in bulanan. Bagi yang lain, Anda mungkin perlu terlibat setiap minggu atau setiap hari.

    Itu semua tergantung pada ukuran dan tujuan situs web. Misalnya, 10 halaman untuk perusahaan hukum setempat mungkin hanya akan membutuhkan dasar-dasar dalam hal:
    1. Backup
    2. Memperbarui
    3. Pemantauan keamanan
    4. Pemantauan kinerja
    5. Pemeriksaan kesalahan
    Namun, situs e-commerce mungkin memerlukan rencana pemeliharaan yang lebih kuat, di mana Anda juga harus mengelola unggahan produk baru, desain ulang, SEO, pengoptimalan kinerja, dan banyak lagi.

    Kesimpulan

    Meskipun Anda mungkin dapat merancang situs web yang tampak luar biasa untuk klien Anda, kepuasan mereka dengan itu dan dengan Anda dapat dengan mudah diperparah oleh banyak masalah yang muncul dari kurangnya alur kerja.

    Dengan alur kerja desain web yang solid, Anda akan memiliki rencana tindakan langkah demi langkah yang memungkinkan Anda menerjemahkan tujuan klien Anda secara efektif ke situs web yang sempurna. Setiap. Satu. Waktu.

    Terlebih lagi, memiliki alur kerja yang solid dapat sangat meningkatkan produktivitas Anda dan, pada gilirannya, margin keuntungan Anda.

    Demikian informasi dari Jasinvite.com tentang Cara Membuat Alur Kerja Desain Web. Semoga bermanfaat.

    Baca juga :
    Media Informasi Pendidikan, Lifestyle, Design dan Teknologi